Translate

Saturday 3 August 2013

HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SEBELUM BETERNAK KELINCI


Dalam beternak , ada beberapa yang perlu kita pahami, yaitu :
BIBIT
Bibit kelinci harus  yang sehat  dan tidak cacat, bila perlu mencari bibit yang ada catatan kejadian pada ternak (stambum). meliputi silsilah dan tanggal lahitr, riwayat sakit, obat dan vitamin yang diberikan. Biasanya dilakukan paa penangkar yang serius mengembangkan kelinci
PAKAN
Pakan merupakan kebutuhan pokok bagi ternak , sehingga nutrisi yang dibutuhkan harus  terpenuhi. Kebutuhan kelici diantaranya adalah protein, karbohidrat, calcium, pospor, lemak, serat kasar, air dan lainnya. perlu adanya hijauan  yang mengandung nutrisi diatas (ada bahasan khusus pada sessi lain)
KANDANG
Bila kita memelihara kelinci di alam bebas biasanya lebih sehat dan lincah, karena ternak bebas mencari pakan yang kelinci sukai, namun apabila kita  membuat kandang elinci dengan tjuan ditangkarkan,  diperlukan kandang yang disukai oleh kelinci, tentunya pakan tecukupi apa yang menjadi kebutuhan nutrisinya.  Kandang bersih dan tidak menyiksa atau bahkan melukjai kelinci sangat tidak kita harapkan.  Kelnci juga makhluk hidup, sehingga mempunyai hak untuk nyaman dan berkembang biak.
KESEHATAN
Keberhasilan usaha peternakan kelinci tidak kalah pentingnya adalah pada perawatan dan pengawasan kesehatan, sehingga kelinci tetap kondisi prima. Harus dihindari dan dijauhi penyakit yang sulit disembuhkan serta berbahaya bagi ternak lain karena sifat penyakit yang menular.
MANAJEMEN
Dalam tatalaksana peternakan kelnci, perlu pengontrolam yang cermat, terutama pada tahap awal kelinci akan sakit, misalnya kelinci mulai enggan makan, suka tiduran dimalam hari, maka itu merupakan gejala awal kelinci mau sakit. Manajemen perlu merencanakan mau  diapakan  kelinci, kemudian bagaimana cara kelinci diperlakukan setelah kita rencanakan, kemudian setelah kita perlakukan, bagaimana, apakah sesuai harapan atau tidak
Memang empat faktor itu yang konon menentukan keberhasilan sdalam peternakan, apa memang begitu?      Kita simak pertanyaan selanjutnya.
  • Mengapa dengan  bibit yang bagus usaha ternak kelinci belum berhasil??
  • Mengapa pakan yang diberikan sudah bagus bahkan dari bahan atau hijauan yang baik, tetapi beternak kelinci belum berhasil??
  • Mengapa sudah dibuatkan kandang yang luas, bagus dan bersih tetapi belum berhasil??
  • Mengapa sudah menggunakan manajemen yang bagus  tetapi  belum berhasil dalam ternak kelinci??
Berdasarkan pengalaman dari beberapa penangkar yang telah berhsil, ternyata masih ada yang harus dijelaskan kepada para peternak tentang  kunci kesuksesan penangkaran atau peternakan kelinci, yaitu tentang psikologi peternak dan anak kandang dan atau juragan.
Bahasan Psikologi peternak dan ternak akan disampaikan pada sessi berikutnya.
Semoga menjadi awal kesuksesan kita bersama

No comments:

Post a Comment